Sabtu, 20 Februari 2021

ATI RAJA Keroncong Pop Makasar, HARMONIKA OLEH FACHRUDDIN

 
NGIN MENYANYI TAP TAK TAHU LIRICNYA

SEBENARNYA  MEDIO 70-AN  sepertinya saya sudah pernah mendengar lagi Makasar yang berjudul Ati Raja ini, pada saat itu saya mendengar dari acara yang ditayangkan TVRI, saya ingat waktu itu masih  menonton TV hitam putih di rumah tempat saya tinggal di Gedong Dalam Enggal Bandar Lampung. Baik lagunya maupun rumah saya tinggal  adalah merupakan sebuah perjalanan  dalam hidup saya yang sesungguhnya  sangat penting karena di situlah saya mulai berkembang. Tampilan tampilan sajian TV hitam putih pada saat itu  ternyata sangat mempengaruhi hidup saya. Sejumlah tokoh dan sejumlah acara sangat mempengaruhi saya, dan salah satunya acara  yang menampilkan lagu yang berjudul Ati Raja ini.  Bertahun tahun saya tak menemukan lirik lagu ini, tetapi aluinan lagu ini sudah melekat dengan lengket sekali. Ingin sekali saya mendapatkan syair lagu ini tetapi belum juga dapat. 

Hingga suatu waktu saya  ingin sekali menyanyikan lagu ini, terpaksa saya menyanyikann ya dengan menggunakan  harmonika. dan saya rekan dan saya jadikan sebuah youtube, harmonika saya  masih jauh dari sempurna, tetapi biarlah tah masih banyak orang yang tak mampu menggunakan alat musik tiup yang satu ini. 

Ati Raja

Se’re-Se’re ji batara baule
Ati raja nakijai pa’nganroi baule
Rajale alla kereaminjo
Ati… Ati… Ati raja
Natarima pappala’na baule

Mannamoki minasai baule
Ati raja kipanai’ ripalatta baule
Rajale alla ta’balle tonji
Ati… Ati… Ati raja
Ka Batara tangkellai baule

Mannamoki minasai baule
Ati raja kipanai’ ripalatta baule
Rajale alla ta’balle tonji
Ati… Ati… Ati raja
Ka Batara tangkellai baule

Artinya:
Hanya ada satu tuhan
Ati Raja, hanya kepadamu kami meminta
Apapun itu yang sesungguhnya
Ati… Ati… Ati raja
Pasti akan diterima segala permintaan

Walaupun hanya sebatas hasrat
Ati raja, buatlah sebuah permohonan
Meskipun tidak bersungguh-sunghuh
Ati… Ati… Ati raja
Semua pasti akan dikabulkan oleh tuhan semata

Walaupun hanya sebatas hasrat
Ati raja, buatlah sebuah permohonan
Meskipun tidak bersungguh-sunghuh
Ati… Ati… Ati raja
Semua pasti akan dikabulkan oleh tuhan semata

Tidak ada komentar:

Posting Komentar