Rabu, 20 September 2023

KENANGAN DENGAN ALMARHUM KIYAI MATCUK


 

SHOLAT JUM'AT  DI MASJID ALJIHAD  Perum Korpri saya ingin sekali Jumpa dengan Pak Sumanto, tetapi saya tak jumpa, dn saya mencoba  bertanya tanya ke mna Gerangan Pak Sumanto  tak mampak kehadirannya, samar samar saya mendapat balasan dari seorang Jama'ah mengatakan Pak Sumanto hari ini Takziyah  dan akan sholat di tempat lain. keluar kota.  Selepas Isa nampak oleh Saya Pak Sumanto baru sampai ke rumahnya, belaiu mengatakan bahwa beliau Junm'atan  di Masjid Pagelaran sambil menghantar Almarhum Cekman  yang akan dikebumikan di Masjid Pagelaran setelah disholatkan di Masjid Pagelaran. 

Keterangan Pak Manto  bahwa Alamrhum Cekman adalah orang tua dari Sahabat beliau mereka  bersma sekolah di Pendidikan  Asisten Apoteker di Palembang. Saya ragu karena seingt saya belum mengenal atau Ketuaan. bisa saja saya lupa.  Lalu hari  itu juga saya Saya melakukan konfirmasi dengfan  sahabat saya  yang tinggal di Pagelaran. yaitu Mbak Kasyati,  kata Mbak Kasyati  bahwa berita yang

tersebar bahwa telah Meninggal Dunia sahabat kita Matcik Bin Galih, Hari Jum'at tadi dan dikebumikan di Pekuburan  Pasirukir Pagelaran. dan ada satu lagi yang meninggl beberapa hari yang lalu tetapi dikebumikan di Bandar Lampung.  

Untuk meyakinkan saya mencoba konfirmasi dengan Teman yang jauh lebihy muda, dulu rumahny disamping rumah saya, tetapi sekarang Dia memiliki rumah sendiri tetapi posisinya tak juh dari rumah orang tuanya, Dia Alpiah.  Ternyata keterngan Alpian semakin meyakinkan  Mereka yang pada saat itu Sholat di Masjid Pagelaran dipastikan mendengar Pengumumn tentang Wafatnya Almarhum, yang disholatkan di Masjid Pagelaran.  Dua keterngan ini sangat meyakinkan. Karena Alpian juga menjeklskan di mna Almarhum Matcik  ti9nggl di masa kanak kanak dahulu.  Terima kasih infonya. 


Terus terang saya tidak tahu mana diantara saya dengan Almarhum Matcik yang lebih tua, senior.  tetapi Kiai Makcik ini terampil sekali bergaul dengan mereka yang lebih tua. Sering saya melihat seloroh Kiai Matcik itu membuat mereka jauh lebih tua terpingkal pingkal. Dn ada satu lagi .... Kiyai Matcik pandai sekali menyanyikan sejumlah lagu yang belakangan saya ketahui lagu lagu itu adalah lagunya Almarhum Alpian. Memanh dari kecil saya menyukai lagu lagunya Alpian. 

Kelebihan Matcik lainnya diatas rata rata kami, adalah almarhum banyak mengetahui nama nama Pemain bola Kaki mulai dari Peminb Nasional maupun Pemain Bola lokal, sebut saja  seperti nama Sailan., Ramang dan nama Katijo. Dan beberapa nama lagi yag sering beliau ceritakan dengan penuh kekaguman yng tiada tara, syang saya kebetulan lupa dengan nama nama itu. Terasa memang terbatas sekali pengetahuan dan pemahaman kami terkat kemashuran  dari nama nama yang sering beliau sebut itu.  Sesekali ada juga orang orang dewasa pada saat itu melontarkan nama besar itu, dan itu juga tak urung membuat kami semakin kagum dari informasi yang diumiliki Almarhum Matcik pada era kmi masih anak anak itu. 

Almarhum Kanda Matcik hadir di reuni alumni SDN 1 Pgelaran

Saya tahu persis, sebenrnya Kiyai Matcik itu sebenarnya memiliki suara yang Yahud, Pada saat itu terus terang saya tidak memiliki kesnggupan Menyanyi seperti kesanggupan yang dimiliki oleh Alramhum. Selain hapal lagu lagu orang dewasa, Dia juga memiliki kemampuyan untuk memelihara Mat  yang benar untuk memanyaikan lagu dengan judul juudl itu. Demikian juga dengan kemampuanya memiliharanada secara benar sehingga nilai keindhnnya bisa terjaga. 

Pada saat itu, atau di masa kami benar benar masih kanak kanak, almarhum nampak sekli terampil dan mampu  menyanyikan beberap buah lagu, yag belakangan, baru saya tahu, lagu lagu itu adalah Lagi yang dinyanyikan oleh Pemilik Suara Emas ... Alpian. Ada beberap[a lagu  yang seruing lmarhum nyanyikan, tetapi dalam kesempatan ini sya ingin menyanyikan sebuah lagu Yang berjudul  "Senja Di Kaimana"

Ini puncak Kekagumn Saya Kepada Almarhum Matcik, adlah kelentulan Almarhum dn berjoget, dari masa kanak kanak saya mengagumi kemampun beliau dalam berjiget. Dan dalam dunia joget berjoget sebetulnya pada suatu waktu, ketika akanm adakan sebuah acara di Kampus nampak kami menyaksikan seseorang yang sedang dilatih untuk menampikan sebuah Tetarian, tetapi yang ditunjuk memng sehari harinya nampak selalu rapi dn apalagi orangnya ganteng. Tetapi dia gagal melaklukan gerakan yang diharuskan.  Sekedar bergurau saya menggoyangkan tubuyh sesuai apa yang dikehendaki pelatih, piggul saya goyang untuk mengundang kawa.   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar